Blog atau Website? Apa Bedanya?

Dalam pembuatan website anda" kami memilih menggunakan platform yang disediakan google yaitu Blogger. Selain alasan kemudahan platform tersebut kami pilih dengan alasan "tau dari teman" eh itu kan lagunya potret :D .... dengan alasan bahwa anda akan segera dapat mandiri dan mengurus website anda sendiri hanya dengan membaca beberapa tutorial yang kami buat. Siapa teman baiknya google kalau bukan produknya sendiri :D

Buat Blog, Website, Atau Online Store?
Agar anda lebih yakin silahkan baca berikut ini :

Perbedaan antara blog dan website 

Sebuah blog dan website sulit untuk dibedakan karena perspektif masing masing orang berbeda, namun demikian secara umum pengguna internet mendefinisikan perbedaan antara website dan blog sebagai berikut

1. | Perbedaan antara blog dan website Menurut Wikipedia


Menurut Wikipedia, blog adalah sebuah situs diskusi yang terdiri dari enteri diskrit yang dipublikasikan di WWW (World Wide Web). Sementara website adalah sekumpulan halaman web terkait yang disajikan dari satu domain.
"Blog merupakan kontradiksi dari web log"
"Website merupakan kontradiksi dari situs di web"

2. | Perbedaan antara blog dan website Berdasarkan Kontennya


Sebuah blog kontennya lebih bervariatif daripada website. Topik konten pada blog bisa berupa bahasan mengenai teknologi, hobi, fashion, produk, atau mengenai aktor dan atlet tertentu dengan sensasi yang baru. Blog bertindak sebagai majalah digital dengan berbagai macam isi tergantung penulis blog tersebut. Di sisi lain, website mewakili satu produk, satu individu / perusahaan. Dengan kata lain, Blog lebih variatif dibandingkan dengan Website dari segi konten

3. | Perbedaan antara blog dan website dari segi Formal dan Informal


Blog dan Website menggunakan gaya bahasa yang berbeda dalam menulis content. Website umumnya menggunakan bahasa formal sedangkan blog menggunakan bahasa yang jauh lebih sederhana dalam penulisan konten.

4. | Perbedaan antara blog dan website berdasarkan Pengkodean


Blog tidak membutuhkan skill pengkodean yang mahir, sedangkan untuk membangun sebuah website diperlukan keahlian pengkodean seperti HTML5, CSS3, PHP, dan lain-lain karena sistem yang dirangcang dalam sebuah website dituntut untuk tampil lebih canggih.

5. | Perbedaan antara blog dan website Archieve


Sebuah blog memiliki archieve atau daftar kronologis postingan. Tulisan tersusun dari yang terbaru sampai terlama. Hampir semua blog memiliki ini, hanya saja kadang pemilik blog tidak menampilkannya, sementara itu website karena halamannya statis biasanya mereka cukup menampilkan dalam bentuk sitemap.

6. | Perbedaan antara blog dan website berdasarkan Homepage


Untuk blog dan website, homepage sama sekali berbeda. Dalam sebuah website, homepage menjelaskan isi dasar situs web. Ini akan memberitahu pengunjung tentang jenis produk yang ditawarkan oleh website itu. Namun, homepage blog dibanjiri berbagai tulisan yang telah diposting.

7. | Perbedaan antara blog dan website berdasarkan Rating


Sebuah blog dianggap aktif dilihat dari update tulisan dan jumlah pengunjung aktif yang dimilikinya selama range waktu tertentu. Jumlah pembaca menentukan peringkat sebuah blog. Rating sangat penting dalam sebuah blog, Di sisi lain website adalah identitas di dunia maya akan capaian yang ada pada dunia yang sebenarnya, mereka cenderung lebih fokus pada produk daripada jumlah pengunjung.

8. | Waktu


Berhubungan dengan poin nomer 7 diatas, waktu sangat penting untuk sebuah blog posting biasanya dipostkan antara pukul 08.00 sampai jam 12.00 untuk menarik kunjungan dari pembaca. Namun pada website, waktu posting tidak begitu penting.

9. | Perbedaan antara blog dan website dari sisi Interaksi Pengguna


Blog dianggap lebih interaktif. Blog menawarkan opsi komentar, like, dan share content. Sementara website biasanya adminitrator website menutup opsi komentar sehingga membuat website kurang interaktif bila dibandingkan dengan blog.

10. | Perbedaan antara blog dan website dari sisi Search Engine


Setiap kali pengguna mencari menggunakan mesin pencari tertentu, maka blog yang akan dicari lebih banyak dibandingkan dengan website. Karena isi blog terus berubah, itu menyebabkan mesin pencari melakukan pencarian lebih banyak pada blog.

Contoh Blog


Ini adalah contoh blog --> https://googleblog.blogspot.co.id/

Contoh Website


Ini adalah contoh website --> http://microsoft.com

Jadi menurut hemat anda website dan blog itu sama atau berbeda? lebih untung menggunakan platform blog atau website? apapun pendapat anda kami lebih memilih platform Blogger dengan alasan yang panjang bila harus dijelaskan, ada baiknya anda membaca lebih lanjut.


Website tempat belajar berbagai hal tentang Koperasi dan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mulailah menjadi wirausaha muda mandiri !!