Perbedaan Umum Domain Dot Com dengan Domain Dot Id dan Domain Lainnya

Banyak yang bertanya apa sih perbedaan .com dan .co.id dan bagaimana cara belinya? Buat yang masih newbie alias pemula dalam dunia blogging pasti masih bingung soal perbedaan antara kedua domain tersebut, termasuk dengan .net, .org, .info, .biz dan lain sebagainya.  Ada beberapa yang hanya dimiliki oleh satu perusahaan dan banyak juga masing-masingnya dimiliki oleh perusahaan tertentu. Bukan Cuma perbedaan antara domain .com dan .co.id yang akan kami bahas, tapi sekalian dengan persamaannya biar jelas dan anda tau mana yang seharusnya dibeli dari keduanya.
Domain dot com dot net dot id dan dot co dot id .. apa perbedaannya?
Bila anda sudah belajar soal cara membuat website .com maka pasti akan tau apa saja komponen yang dibutuhkan agar suatu web bisa online dan dilihat banyak orang, di antaranya adalah domain itu sendiri, hosting, serta CMS dan template. Bicara soal domain tentu tak terlepas dari ekstensi atau ekstention karena bagian tersebutlah sehingga ia bisa dikenal dan dikunjungi banyak orang.

Lalu apa perbedaan domain .com dan .co.id dan lainnya?

Kalau dari segi tulisan jelas beda, ya anak kecil saja tau. Tapi bukan itu maksudnya, melainkan bagaimana keunggullanya, harganya, syaratnya serta di mesin pencari bagaimana, apakah website lebih mudah masuk halaman pertama atau tidak dan lain sebagainya. Nah, biar lebih jelas berikut saya terangkan satu per satu:

Domain .com

Domain dot com ini masuk dalam kategori TLD atau Top Level Domain, maksudnya ia adalah domain yang paling terkenal dari semua jenis domain, seperti xyz, win, club dan sebagainya kan masih baru dan jarang yang pakai dibanding .com tadi. Dan bisa juga maknanya kalau TLD itu adalah level tertinggi domain, sedang kata di depannya adalah sub-nya, misalnya saja caraspot.com.

Jika mau beli domain com silahkan baca : Cara Beli Domain .Com

Berikut ini beberapa perbedaannya dot com dengan lainnya:

Untuk mendaftarkan domain berakhiran .com tak memerlukan syarat apa pun, baik itu KTP atau tanda pengenal lainnya.
Berlaku untuk semua negara atau bisa digunakan oleh siapa pun di negara mana pun karena makna com sendiri adalah commercial atau komersial yang diperuntukkan untuk bisnis dan urusan umum lainnya.panduan memilih nama domain - perbedaan .com dan .co.id
Paling terkenal dari semua ekstensi domain, bahkan dengan .net, domain .com ini jauh lebih banyak digunakan orang di dunia.
Bisa untuk semua jenis website apa pun, entah itu toko online, grup, panduan berbagai hal dan bahkan juga ada yang masih menggunakannya untuk situs yayasan, lembaga sosial, instansi pemerintahan dan lainnya. Intinya ini digunakan oleh semua kalangan.
Harganya standar, tidak terlalu mahal dan juga tidak murahan. Saat ini di berbagai situs penyedia hosting dijual antara 115ribu sampai 130ribu, tergantung kebijakan masing-masing reseller.
Domain .co.id atau .ID

Perusahaan pemilik domain ID ini adalah Pandi.  Jika kamu mau jual domain ini maka harus jadi Register terdaftar di sana. Tapi bila merasa terlalu mahal maka bisa dengan jadi Reseller saja karena dengan modal 2 juta saja sudah bisa mulai berbisnis. Adapun karakteristiknya:

Domain .co.id dan segala yang menggunakan .id di akhirnya hanya khusus digunakan untuk warga negara Indonesia atau orang asing yang melakukan bisnis di Indonesia. Artinya, ini adalah domain lokal yang menandakan penggunanya kebanyakan orang asli pribumi.
Ada syarat khusus untuk membeli domain ini, di antaranya KTP Republik Indonesia yang masih berlaku, surat pendirian perusahaan seperti SIUP/TDP/AKTA/Surat Izin yang setara, dan juga bila nama domain .co.id yang didaftarkan sama dengan merep perusahaan maka si pendaftar diminta mengirimkan juga sertifikat Merek dari usahanya.
Hanya didaftarkan oleh badan usaha. Ya, ini karena jika mendaftarkan .co.id disyaratkan surat-surat usaha seperti yang disebut di atas sehingga yang mendaftarkannya atau membelinya juga dari perusahaan atau orang yang memiliki usaha.
Jauh lebih terpercaya dan memudahkan bisnis. Mengapa demikian? Ya, karena syarat SIUP dan sebagainya sudah menandakan bahwa website yang menggunakan ekstensi .co.id adalah dari perusahaan yang memiliki izin. Beda dengan .com yang bisa digunakan oleh siapa pun. Walau belakangan .co.id kadang dimanipulasi dengan menggunakan SIUP yang tidak valid yang kadang diambil di internet juga.
Lebih unggul dalam pencarian lokal google. Penggunaan .co.id untuk SEO juga jadi salah satu alasan orang menggunakannya karena menurut banyak master SEO bahwa kalau pakai .co.id dan domain id lainnya seperti , .web.id, .ac.id, or.id, .biz.id, dan sebagainya, katanya bisa memberi dampak pada ranking blog atau website di mesin pencari google karena alasan lebih sesuai dengan tujuan pencarinya. Tapi walau begitu, ini hanya faktor kecil saja dan tidak bisa dipastikan karena ada 200 faktor yang membuat sebuah blog ranking di Google.
Jika sudah paham, baca : Tips Memilih Domain yang SEO Friendly dan Branded

Persamaan Keduanya

Sama-sama harus diperpanjang tiap tahun. Jadi, buat yang belum tau nih, sebenarnya beli domain itu tidak sekali bayar, tapi harus dibayar tiap tahun, tergantung dengan ketetapan harga terbaru dari ICANN.org.

Keduanya umumnya digunakan untuk tujuan bisnis, kecuali seperti or.id, sch.id dan ac.id yang dipakai hanya untuk organisasi dan instansi pendidikan.

Masing-masing punya porsi yang sama di mesin pencari. Walau dikatakan di atas bawah .co.id lebih baik rankingnya untuk pencarian lokal, tapi itu hanya mempengaruhi sedikit saja pada SEO dari website, karena semua tergantung optimasi yang dilakukan pemilik websitenya.


Website tempat belajar berbagai hal tentang Koperasi dan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mulailah menjadi wirausaha muda mandiri !!