Wisata Bojonegoro - Tempat Rekreasi di Kota Bojonegoro

Wisata Bojonegoro - Kota Ledre begitulah sebutan yang melekat untuk kota Bojonegoro, Banyak sekali tempat rekreasi dan objek wisata di Bojonegoro. Bojonegoro merupakan salah satu Kabupaten di Jawa Timur yang terletak dibagian barat yang berbatasan dengan Kabupaten Tuban, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Madiun, Ngawi serta Kabuaten Blora. Kota yang dikenal dengan sebutan Bumi Angling Dharma ini juga memiliki potensi yang luar biasa besar, dari mulai potensi Sumber Daya Alam sampai dengan potensi Wisatanya. Beberapa tempat yang layak dijadikan tujuan obyek wisata adalah :
Ilustrasi Wisata Bojonegoro Tempat rekreasi dan Tujuan Tourism di Kota Bojonegoro

Wisata Kayangan Api di Sendangharjo Bojonegoro

Wisata Bojonegoro - Kayangan Api di sendangharjo kota Bojonegoro

Kayangan Api Adalah salah satu objek wisata populer di bojonegoro yang berupa sumber api abadi yang tak kunjung padam, terletak di kawasan hutan lindung di Desa Sendangharjo Kecamatan Ngasem Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Sebelum sampai dilokasi wisata ini para pengunjung akan terlebih dahulu melewati rindang dan hijaunya hutan Jati. Api yang keluar pada obyek wisata ini berasal dari sumber gas alam yang konon terbesar di Asia Tenggara. Menurut cerita, kayangan Api adalah tempat bersemayamnya Mbah Kriyo Kusumo atau Empu Supa atau lebih dikenal dengan sebutan Mbah Pandhe berasal dari kerajaan Majapahit. Di sebelah barat sumber api terdapat kubangan lumpur yang berbau belerang dan menurut kepercayaan saat itu Mbah Kriyo Kusumo masih beraktivitas sebagai pembuat alat-alat pertanian dan pusaka seperti keris, tombak, cundrik dan lain-lain. Sumber Api, oleh masyarakat sekitarnya masih ada yang menganggap keramat dan menurut cerita, api tersebut hanya boleh diambil jika ada upacara penting seperti yang telah dilakukan pada masa lalu, seperti upacara Jumenengan Ngarsodalem Hamengku Buwono X dan untuk mengambil api melalui suatu prasyarat yakni selamatan/wilujengan dan tayuban dengan menggunakan fending eling-eling, wani-wani dan gunungsari yang merupakan gending kesukaan Mbah Kriyo Kusumo. Oleh sebab itu ketika gending tersebut dialunkan dan ditarikan oleh waranggono tidak boleh ditemani oleh siapapun. Dari berbagai sumber cerita, maka Kayangan Api yang letakya sekitar 25 km dari ibukota Bojonegoro dijadikan sebagai obyek wisata alam dan dijadikan tempat untuk upacara penting yakni Hari Jadi Kabupaten Bojonegoro, ruwatan masal dan Wisuda Waranggono. Tempat wisata ini telah dibenahi dengan berbagai fasilitas seperti pendopo, tempat jajanan, jalan penghubung ke lokasi dan fasilitas lainnya. Lokasi kayangan api sangat baik untuk kegiatan sebagai lokasi wisata alam bebas(outbound). Dan pada hari-hari tertentu terutama pada hari Jum'at Pahing banyak orang berdatangan di lokasi tersebut untuk maksud tertentu seperti agar usahanya lancar, dapat jodoh, mendapat kedudukan dan bahkan ada yang ingin mendapat pusaka. Acara tradisional masyarakat yang dilaksanakan adalah Nyadranan (bersih desa) sebagai perwujudan terima kasih kepada Yang Maha Kuasa. Pengembangan wisata alam Kayangan Api diarahkan pada peningkatan prasarana dan sarana transportasi, telekomunikasi dan akomodasi yang memadai. Kunjungan ke obyek wisata.Wisata Indonesia Surga Dunia


Wisata Agro Belimbing di Ngringinrejo Bojonegoro

Wisata Bojonegoro - Agro Belimbing Ngringinrejo kota Bojonegoro

Bojonegoro mempunyai agrowisata yang juga jadi unggulan yaitu wisata Agro Belimbing Ngringinrejo yang berada 15 Km di sebelah barat Kota Bojonegoro tepatnya masuk di Kecamatan Kalitidu. Untuk mencapai lokasi wisata tersebut anda bisa mengambil jalur luar kota ke arah cepu dan ikuti petunjuk jalan. Akses menuju lokasi kebun sudah cukup baik sehingga cukup mudah sampai dilokasi. Daya tarik wisata di kebun belimbingnya ini cukup bagus, pengunjung akan dimanjakan panorama alam pedesaan, ada warung makan ala deso, ada penjual belimbing disepanjang jalan menuju kebun belimbing, pengunjung bisa berteduh di gasebo yang sejuk karena disekelilingnya merupakan tanaman belimbing yang sudah berumur 25 tahun, selain itu pengunjung bisa memetik buah belimbing dan dimakan secara langsung. jalanan didalam juga sudah dipaving.

Wisata Bendungan Gerak Bojonegoro di Ngringinrejo Bojonegoro

Wisata Bojonegoro - Bendungan gerak ngringinrejo kota Bojonegoro

Bendungan Gerak berada di Kecamatan Trucuk, Kabupaten Bojonegoro. Bendungan yang menghabiskan dana sekitar Rp 351 miliar dari Japan International Corporation Agency (JICA) ini memiliki beberapa fungsi. Antara lain sebagai pengendali banjir, irigasi serta penyedia air baku bagi industri dan rumah tangga. Selain itu Bendungan Gerak Bojonegoro ini juga dijadikan sebagai salah satu tempat wisata di Kabupaten Bojonegoro. Keberadaan Bendungan Gerak ini di samping sebagai penyedia air untuk industri dan pertanian, juga sekaligus berfungsi menjaga ekosistem sungai Bengawaan Solo supaya rusak ketika banjir menerjang dan sebagai bentuk tata kelola air di Jawa Timur. Selain itu manfaat lain bendungan ini adalah sebagai jembatan penghubung antara Desa Padang dengan Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu. Untuk pertanian, bendungan ini mampu mencukupi kebutuhan pengairan bagi lahan pertanian seluas 6.400-9.000 hektar yang tersebar di delapan kecamatan. Yakni Trucuk, Kalitidu, Purwosari, Malo, Pasangan, Kasiman, Ngraho, dan Margomulyo.

Wisata Waduk Pacal di Kedungsumber Bojonegoro

Wisata Bojonegoro - Waduk Pacal Kedung Sumber kota Bojonegoro

Waduk atau bendungan pacal merupakan salah satu alternatif tempat wisata yang ada di Bojonegoro, wisata ini menyuguhkan lingkungan alam yang sangat mempesona karena di kelilingi oleh bukit-bukit yang sangat indah. Bendungan yang di bangun pada zaman penjajahan tahun 1933 ini bernama Waduk Pacal ( Bendungan Pacal ) karena berada di desa Pacal.Bendungan Pacal ini terletak 35 Km arah selatan kota Bojonegoro. Waduk Pascal yang memiliki luas sekitar 3,878 kilometer persegi dan kedalaman 25 meter ini, merupakan bangunan sarana pengairan peninggalan zaman belanda dengan berbagai manfaat. Daya tarik waduk ini adalah kemegahan dan kekokohan arsitektur bangunan zaman Belanda dan hamparan air yang melimpah dengan panorama alam dan hutan jati yang mempesona. Di tempat ini, setiap bulan Oktober bersamaan dengan hari jadi Kabupaten Bojonegoro, digelar acara ritual Larung Sengkolo dan Jamasan Waranggono Tayub. Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini adalah pesanggrahan (tempat menginap), arena memancing, perahu dayung dan beberapa warung atau restoran. Sangat pas untuk wisata keluarga.Untuk menuju ke obyek wisata tersebut dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi (mobil / sepeda motor) atau dengan angkutan umum (colt atau bus) jurusan Bojonegoro-Nganjuk kemudian turun di samping waduk Pacal dan menuju lokasi waduk dengan jalan kaki sejauh 2 Km. Pengembangan wisata Waduk Pacal diarahkan pada pengembangan fasilitas tranportasi, akomodasi, telekomunikasi yang memadai serta peningkatan fasilitas obyek wisata. sehingga mendukung program Wisata Indonesia Surga Dunia

Wisata Tirtawana Dender di Dander Bojonegoro

Wisata Bojonegoro - Tirtawana di Dander kota Bojonegoro

Objek Wisata Air Tirtawana Dender merupakan wisata yang terletak di Kecamatan dander, 11 Km ke arah selatan kota Bojonegoro Jawa Timur. Tempat wisata ini memiliki keunggulan geografis dikarenakan alamnya yang sejuk. Dilokasi wisata tersebut terdapat Pemandian yang airnya mengambil dari sumber air alami yang sangat bersih dan jernih sehingga dapat semakin menambah kesegaran bila kita mandi di kolam tersebut. Adapun fasilitas pendukungnya antara lain: Kamar ganti pakaian Ban/Pelampung Tangga disertai papan loncat indah, Mainan anak-anak Shelter/tempat berteduh, Pertokoan, Tempat pertemuan, serta Lapangan Golf. Khusus Lapangan Golf ini terletak di sebelah barat Taman Wanawisata Dander yang memiliki  ± 9 hole dan diharapkan akan terus berkembang. Sedangkan fasilitas yang disediakan meliputi tempat istirahat yang digunakan sebagai pusat kegiatan olahraga golf.

Masjid Al Birru Pertiwi di Dander Bojonegoro

Wisata Bojonegoro - Masjid Al Birru Pertiwi di Dander kota Bojonegoro

Masjid Al Birru Pertiwi adalah sebuah Masjid berkubah emas yang berada di di Desa Dander, Kecamatan Dander, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Bangunan masjid tersebut mempunyai 3 lantai yang dilengkapi dengan area parkir. Lantai 1 berupa ruangan yang diperuntukkan sebagai acara pertemuan serbaguna, sementara lantai 2 diperuntukkan jamaah sholat pria dan lantai 3 untuk jamaah putri. Masjid yang didesain dengan gaya arsitek ala Timur tengah modern ini dirancang oleh arsitek asal jakarta, Oka Garis Prada, kedepannya akan dikembangkan sebagai tempat Pondok Pesantren, TPQ, pusat belajar, pengembangan agama Islam dan akan dibangun radio komunitas.

Wisata Masjid Agung Bojonegoro di Kauman Bojonegoro

Ea potonya siapa tuh? Mbak nova sedang bergaya di depan masjid agung :D

Masjid Agung Bojonegoro terletak tepat di sebelah barat Alun-alun Kota Bojonegoro. Luas bangunan Masjid Agung Darussalam yang baru sekitar 2.422 meter persegi dan berdiri di atas lahan seluas 3.562 meter persegi. Masjid itu mampu menampung jamaah mencapai 1.100 orang.

Wisata Museum Rajekwesi Di Bojonegoro

Wisata Bojonegoro -Museum Rajekwesi kota Bojonegoro

Museum Rajekwesi terletak di Jl. Patimura No. 9, Bojonegoro, Jawa Timur. Museum yang didirikan pada tahun 1992 ini, menyimpan koleksi benda-benda zaman klasik dan koleksi etnografi. Fosil purbakala yang disimpan di museum itu diantaranya fosil kepala gajah dengan panjang 37 sentimeter, lebar 25 sentimeter, dan  tebal 20 sentimeter. Fosil kepala gajah yang diperkirakan pernah hidup satu juta tahun yang lalu itu ditemukan di Dukuh Poh, Desa Jawik, Kecamatan Tambakrejo, Bojonegoro. Lalu, ada fosil tulang sendi gajah dengan panjang 37 sentimeter (cm), lebar 16 cm dan tebal 17 cm.

Klenteng Hok Swie Bio

Wisata Bojonegoro - Klenteng Hok Swie Bio di kota Bojonegoro

Klenteng Hok Swie Bio adalah salah satu wisata religi di Bojonegoro. Klenteng ini merupakan tempat ibadah Tri Darma yang terkenal dengan ornamen kepala naganya dan di dominasi warna merah. Selain bentuk yang unik, klenteng ini juga dihiasi dengan beberapa ornamen bebatuan di sepanjang dindingnya yang menggambarkan kepala naga dengan tubuh berwarna biru.

Wisata Makam Wali Kidangan di Bojonegoro


Makam Wali Kidangan terletak di atas bukit dusun kidangan, sekitar 1,5 km dari arah jembatan malo ke utara. Tapi tidak ada yang tahu pasti mana makam wali kidangan yang asli karena dilokasi pemakamannya terdapat 3 makam berjajar  berukuran panjang 2,5 meter, dengan nisan kayu dan tanpa nama. Diduga 3 makam itu salah satunya adalah makam wali kidangan itu sendiri dan keluarganya.

Wisata Makam Buyut Dalem di Karang Pacar Di Bojonegoro


Buyut Dalem atau Pangeran Raden Aryo Dalem berada di Kelurahan Kadipaten, Kecamatan Bojonegoro sekitar 500 meter arah timur dari pusat pemerintahan Kota Bojonegoro dan merupakan salah satu Adipati Bojonegoro pada tahun pemerintahan 1614-1619. Di makam ini selalu diadakan semacam sedekah bumi yaitu jatuh pada setiap hari Rabu Wage, bulan September. Kegiatan ritual ini diawali pada hari Rabu Pahing dengan “mayu alang-alang” yaitu mengganti atap cungkup yang terbuat dari alang-alang. Selain itu juga dilakukan penggantian pasir yang ada di dalam makam.

Wisata Makam Mbah Malang Negoro Ngasinan Di Bojonegoro

Wisata Bojonegoro -  Makam Mbah Malang Negoro kota Bojonegoro

Makam Mbah Malang Negoro berasal karena Tanggono Puro dan Kyai Kasan dimakamkan di Desa Ngasinan, Kecamatan Padangan. Hingga saat ini masyarakat setempat menjuluki Tanggono Puro sebagai Mbah Malang Negoro. Salah satu riwayat menyebutkan bahwa pada zaman perjuangan kemerdekaan Indonesia, salah satu pahlawan yaitu Pangeran Diponegoro memiliki pasukan yang bermarkas di Desa Ngasinan, Kecamatan Padangan, Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur. Pasukan tersebut dipimpin oleh seorang panglima perang bernama Tanggono Puro dengan seorang penasehat bernama Kyai Kasan Wirodikromo. Kyai Kasan sendiri mempunyai nama asli Sayyid Abu Bakar Alaydrus.

Itulah beberapa tempat tujuan Wisata di Bojonegoro, masih banyak tempat lain di Bojonegoro yang mempunyai potensi untuk dijadikan tujuan Wisata dan akan kami kupas di artikel selanjutnya.



Website tempat belajar berbagai hal tentang Koperasi dan UMKM(Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Mulailah menjadi wirausaha muda mandiri !!